Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kab. Dharmasraya sambangi Kegiatan Ekskavasi Munggu XI Kompleks Candi Pulau sawah Pada Hari Selasa 8 Juni 2021

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kab. Dharmasraya sambangi Kegiatan...
Kunjungan Rombongan Disbudparpora

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya diwakili Bapak Zuherdi, SH selaku Sekretaris (disbudparpora) dan Beberapa Kasi beserta Staff mengunjungi kegiatan ekskavasi candi pulau sawah. Dalam Kunjungan Tersebut dijelaskan bahwa kegiatan Ekskavasi kali ini merupakan tindak lanjut dari Kajian Rencana Induk Pelestarian Tahun 2019 dan hasil ekskavasi pada tahun 2020 yang menegaskan untuk melanjutkan kembali ekskavasi di sisi barat Munggu XI guna melengkapi data tinggalan sturuktur bata di Munggu XI dan data teknis penyusunan DED pembuatan sarana Pengamanan Cagar Budaya di Munggu XI.

Kegiatan Ekskavasi yang lebih fokus pada 'Penyelamatan' Candi Pulau Sawah pada Tahap 1 ini dilakukan mulai dari 2-8 Juni 2021 dengan waktu efektif 6 hari kerja.

Selain kami dan masyarakat sekitar yang mendampingi, Tim inti pelaksana berjumlah 9 orang terdiri dari Pamong Budaya Muda, Pengkaji Pelestarian CB, Teknisi Pelestarian CB, dan Polisi Khusus CB.

Dalam pembicaraan Bersama Tim dari BPCB Prov. Sumbar yang di wakili Bpk. Dodi Chandra tersebut dijelaskan bahwa Sisi Barat Munggu XI menjadi titik fokus utama pada kegiatan ekskavasi .Informasi penting bagi kami, tim inti telah berhasil membuka 14 kotak gali dengan ukuran kotak 2 M x 2 M, tim ini juga menemu dan menampak ungkapkan temuan struktur bata di sisi barat Munggu XI dengan Struktur dalam kondisi yang tidak lagi utuh, hanya menyisakan 3 lapis bata yang berorientasi BD-TL (20). Kemudian ditemukan juga artefak lainnya berupa pecahan/fragmen gerabah berbentuk periuk dan keramik Cina bagai mangkuk dan buli-buli.

Dan Informasi hasil temuan-temuan ini tentunya semakin menggali rasa penasaran kita yang mungkin masih sangat awam akan dunia Ekskavasi. Satu hal yang pasti yakini , tentunya ini akan begitu bermanfaat khususnya dalam hal kelestarian situs benda dan peninggalan- peninggalan cagar budaya yang ada di Kabupaten Dharmasraya ini.

Share Berita

Komentar Berita